menyelesaikan rubik dengan mata tertutup

Posted: 15 July 2010 in rubik

saya sudah belajar rubik selama 3 bulan ,
msi berkutat di sub 30 dan 25
dan blindfold (menutup mata) selama sebulan,
memo+eksekusi sub4mnit

kali ini saya akan berbagi mengenai tekhnik memorisasi saya,
saya adalah pengguna old pochmann baik edge (LP) maupun corner(visual)

nah mari kita mulai
memo edge menggunakn letter pair
apabila anda pengguna pochman
maka buffer piece anda adalah UR yaitu piece warna kuning hijau
kunig sisi ats
depan sisi merah
kiri sisi biru
kanan sisi hijau
belakang sisi oranye
bawah sisi putih

saya membagi memorisasi edge saya menjadi:
6 huruf dasar berdasarkn notasi rubik
depan front/F
kiri left/L
kanan right/R
belakang back/B
bawah down/D
atas up/U

sisi depan/Front : saya mengambil huruf P alsan front dan pront sama
depan kiri : Pi alsn p=pront, i=kiri
depan kanan : Pa alsn a=kanan
depan ats: Pu alsn u=up/utara
depan bawah: Pe/Po
berlaku sama untuk L,R,B,D
kecuali U karena u lebih sulit dibuat menjadi kata saya menggantinya menjadi G

belum afdol kalau belum dipraktekkan
😄
acaklah rubik yg solve dengan warna merah di depan
kuning di atas
F R L2 B F2 R2 D’ L B2 R L’ D2 F2 U2 B F
kita buat siklusnya
1.Di
2.La
3.Ri
4.Gi
5.Bo
6.Bu
7.Bi
8.Go
9.Pu
10.Da
11.Ba

dapat dirangkai menjdi suatu cerita sprti brikut
dina la ri giring bola bukannya bikin gol malah pukul dada badu

bagi anda yang kekurangan kata dapat menggunakan alternatif  ini

utk P ,bisa diganti dengan N,jdi apabila tdk dpt membentuk kata dengan P dengan cepat maka anda bisa menggunakan kata N,,contoh Po sulit dibentuk kata jika diganti dengan No maka dapat kata Nomor

utk L ,setelah huruf L adalah M (dalam abjad)

utk R, setelahnya adlah S

utk B adalah C

utk D saya mengambil huruf H

utk G saya ambil huruf K

dengan begitu anda dapat beralih huruf jika kekurangan kata

selanjutnya memo corner

saya memilih menggunakan visual karena jmlah piecenya sedikt (delapan)

saya biasa menggunakan tapping (menjentikkan jari pada target2 kita)

pada old pochman ,buffer piece pada corner adalah ULB
pada corner terdapat 3warna berbeda dalam 1piece

tapi saya hanya melihat ULB sebagai 1 warna yaitu warna pada atas piece ULB

sehingga anda tinggal menjentikkan jari anda pada warna2 yg menjadi target berikutnya
good luck

sekian ^_^’

Leave a Reply

