BLD dengan metode old pochman

Posted: 5 August 2010 in Uncategorized
Tags: ,

kali ini saya akan berbagi informasi tentang metode old pochman
metode paling mudah untuk dipelajari pemula dalam bld

untuk mempelajari old pochman sebenarnya tidaklah sulit
dalam bld kita tidak lagi menyelesaikan rubik dengan layer by layer tpi dengan menembak piece satu persatu ke tempatnya

pertama-tama
pegang rubik anda dengan skema warna kuning atas merah depan

kita membagi menjadi 2 penyelesaian
edge dan corner

untuk edge

kita memiliki buffer piece ( piece yang akan kita tembakkan) adalah UR ( kuning-hijau)
perlu anda ingat ketika saya menyebutkan RU maka itu adalah hijau-kuning sesuai dengan urutan huruf

kemudian algo yg perlu digunakan adalah PLL T , PLL J1 , PLL J2

PLL T : R U R’ U’ R’ F R2 U’ R’ U’ R U R’ F’ (mennukar UR dan UL)
PLL J1: R’ U2 R U R’ U2 L U’ R U L’ ( menukar UR dan UB)
PLL J2: R U R’ F’ R U R’ U’ R’ F R2 U’ R’ U’ ( menukar UR dan UF)

anda pasti berpikir bagaimana dengan piece yang ada pada D, L, dan R

berikut setup move nya ( gerakan untuk membawa piece yang ada pada D, L,R kemudian mengembalikan lagi)

target UL
setup –
PLL T
undo setup –

target UB
setup –
PLL J1
undo seutp –

target UF
setup –
PLL J2
undo setup –

target FU
setup l’
PLL J1
undo setup l

target LU
setup L d’ L
PLL T
undo setup L’ d L

target BU
setup l
PLL J2
undo setup l

target FR
setup d2 L
PLL T
undo setup L’ d2

target FL
setup L’
PLL T
undo setup L

target LF
setup d’ L
PLL T
undo setup L’ d

dst,, lakukan secara intuitif saja
jika anda sudah menemui UR (kuning-hijau) pada awal atau tengah siklus maka anda harus menembaknya ke tempat yang belum solve (buat siklus baru)
penting jika siklus edge anda berakhir dengan jumlah ganjil kali
contoh 11 kali menembak, 13 kali menembak
maka corner  URF dan UBL akan tertukar
dan jika kita langsung eksekusi corner maka rubik tidak solve
untuk mengembalikannya lakukan
U’ L U2 L’ U2 L F’ L’ U’ L U L F L2 U2
sebelum eksekusi corner
untuk corner

buffer piece ULB
algo PLL Y, PLL R1, PLL R2 , PLL Y minus F

PLL Y                   : F RU’ R’U’ RU R’ F’ RU  R’U’ R’ F R F’ (menukar ULB dan URF)
PLL J1                 : U R’ U2 RUR’ U2 L U’ RU L’U’ ( menukar ULB dan URB)
PLL J2                 : U2 R U R’ F’ R U R’ U’ R’ F R2 U’ R’ U ( menukar ULB dan ULF)
PLL Y minus F :  R U’ R’ U’ RU R’ F’ RU R’ U’ R’ F R (menukar ULB dan RFD)

target URF
setup –
PLL Y
undo setup –

target BLD
setup D2 R
PLL Y
undo setup R’ D2

target LFD
setup D R
PLL Y
undo setup R’ D’

target FLU
setup F R
PLL J1
undo setup R’ F’

dst,, lakukan secara intuitif
jika dapat ULB pada awal maupun tengah siklus tembaklah ke tempat yg belum solve ( siklus baru)
contoh solving
acaklah rubik yang telah solve (MERAH DEPAN ,KUNING ATAS)

F R L2 B F2 R2  D’ L B2 R L’ D2 F2U2 B F

siklus edge
DL-LR-RF-UL-BD-BU-BR-UF-FD-DR-BL
jumlah 11 kali maka ganjil
lakukan U’ L U2 L’ U2 L F’ L’ U’ L U L F L2 U2

siklus corner
FDR-LUF-URF-LDF-BDR-URF-UBR-LDB-RUB

SOLVE!!!!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s